Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

Search Engine Spiders : Apa dan bagaimana cara kerjanya masing-masing

Search Engine atau mesin pencari apa saja yang anda ketahui? pastinya bukan hanya google dan Yahoo! saja bukan? ya dari sekian banyak mesin pencari yang ada saat ini, pastinya kita ingin minimal separuh dari mesin pencari populer yang ada saat ini bisa mendeteksi keberadaan blog anda? yang pertama harus dipahami adalah bagaimana memahami cara kerja spider mereka tentunya. Sehingga dengan begitu bisa melakukan optimasi yang tepat untuk domain anda. berikut ini beberapa cara kerja spider dibeberapa mesin pencari.


InfoSeek adalah mesin pencari berskala kecil yang hanya bisa mengindeks 200 kata pertama di blog atau web, jadi pastikan bahwa topik utama menjadi prioritas ketika menuliskan deskribsi blog.
Meta tag biasa diletakkan diantara <head> dan </head>, dan kebanyakan meta tag hanya bisa berisi maksimal 200 karakter dan untuk meta tag keyword bisa hingga 1000 karakter. Usahakan untuk selalu mengingat aturan sederhana mengenai meta tag yang digaris bawahi tersebut berfungsi sama hampir di semua mesin pencari. Namun harus anda ketahui bahwa beberapa mesin pencari tidak memperdulikan adanya meta tag di blog, artinya informasi blog tidak hanya mengandalkan keberadaan metatags pada blog tetapi juga meletakkan informasi yang sama pada bagian blog anda, Misalnya memunculkan informasi di deskribsi blog seperti yang terlihat pada deskribsi blog ini.

Alta Vista dengan robot spidernya yang bernama Scooter. Tidak seperti Spider SE lain yang biasa hanya membutuhkan kurang dari 8 minggu untuk mengindeks sebuah web/blog, Scooter membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan untuk mengindeks keseluruhan isi website. Lambatnya proses kerja Scooter karena setiap minggu hanya  dua sampai sepuluh halaman saja yang diindeks untuk sebuah web, semakin berumur sebuah website semakin baik scooter bekerja.

Excite yang dulunya adalah tenaga pembangkit pencarian dari AOL dan Netscape, kedua SE tersebut diwaktu lampau adalah mesin pencari yang diperhitungkan. Excite menggunakan algoritma yang sangat lengkap dalam menetukan relevansi katakunci yang digunakan oleh sebuah website, saat meng-indeks sebuah halaman Excite akan memilih kalimat yang mereka anggap paling relevan dengan katakunci blog anda. Agar tetap up-to-date, kira-kira setiap dua minggu sekali Excite akan akan meninjau halaman web atau blog. Selain itu Excite dalam menentukan rangking tidak dipengaruhi oleh penggunaan meta tags tetapi Deskribsi label dan kata-kata yang relevan akan mendapat perhatian lebih oleh mesin pencari ini.
Excite memiliki WebCrawler sendiri yang bekerja secara independen. Jika blog anda masuk dalam daftar WebCrawlernya usahakan untuk menjaga agar blog anda tetap selalu dalam daftarnya karena ini adalah mesin pencari yang paling mudah masuk dalam daftarnya. Walaupun demikian prosesnya tidak mudah namun tetap berpeluang karena menggunakan  standar kombinasi hit-and-miss dengan metode peng-indeks-an yang sporadis.

Lycos merupakan mesin pencari yang mengintegrasikan hasil pencarian dengan DMOZ (Open Directory Project).dan juga menggunakan hasil pencarian dari AllTheWeb.  Sulit memahami cara kerja Lycos karena  menjalankan click-troughs ke HotBot yang merupakan situs sekandungnya. Secara umum sebuah web or blog terindeks di Lycos jika telah terindeks di DMOZ dan AllTheWeb.

Google sebagai mesin pencari yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet saat ini menggunakan sistem Page Rank (PR) sebagai dasar dalam melakukan peng-indeks-an. Sewaktu-waktu spider mbah google secara teratur dikirim  akan mengindeks kembali data basenya. Saat ini hampir tidak mungkin untuk bisa memanipulasi PR, tapi satu metode yang pasti agar bisa meningkatkan PR adalah dengan mendapat link dari blog yang memiliki PR lebih tinggi dari Web atau blog Anda.

MSN adalah satu mesin pencari yang patut anda perhitungkan untuk mendaftarkan web atau blog anda. karena google, Yahoo! dan MSN merupakan mesin pencari yang paling banyak mendatangkan traffik. Biasanya MSN SE pertama yang mengindeks situs anda, karena MSN sangat cepat dalam mendata sebuah halaman.

Sampai saat ini tidak ada cara pasti dan akurat Mesin Pencari mana saja yang akan mengindeks Situs anda, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan secara teratur melakukan pengecekan setidaknya seminggu sekali. Sebaiknya jangan biasakan me-resubmit situs anda lebih dari dua bulan (terlalu lama), semakin sering melakukan resubmit semakin besar peluang situs anda untuk terindeks secara keseluruhan.

Semoga dengan mengetahui dasar bagaimana cara kerja beberapa mesin pencari yang ada saat ini membawa manfaat untuk anda.


Artikel yang sebaiknya dibaca :
Kumpulan artikel tentang Back Links
Kumpulan artikel tentang SEO
Kumpulan artikel tentang Bisnis Online

Komentar

  1. saya juga menulis artikel yang judulnya hampir sama dengan postingan sobat ini, yaitu "memahami cara kerja spider"
    http://cara-optimasi.blogspot.com/2011/11/memahami-cara-kerja-spider.html
    namun posisi serp'nya belum sebagus postingan ini, karena memang blognya baru beberapa hari,hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan catatan:
» Komentar sesuai dengan topik.
» komentar bernada SPAM dan anonim akan di remove.
Terima kasih atas pengertian dan kerjasamanya

Postingan populer dari blog ini

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “ Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin ". Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips , dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini , ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….

Solusi Update Berkala buat yang bukan fulltime Blogger

Ngeblog memang menyenangkan, apalagi kesenangan itu hadir karena selain bisa menuangkan isi hati, berbagi pengalaman dan pengetahuan, menambah teman tentu saja get money from blog adalah sesuatu yang paling ditunggu buat yang emang niatnya bikin blog untuk itu.