Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

Peran traffic dalam bisnis online

"Dengan berbisnis online akan memberikan unlimited income buat siapapun yang melakukannya, saat ini cukup mudah untuk memulai bisnis online. Yang anda butuhkan adalah hanya membuat website / blog dan menunggu penghasilan masuk ke rekening anda"
Mungkin pernyataan diatas sudah sering anda temui sebelumnya. Para pelaku bisnis online mengambil tindakan dan mulai mengerjakan metode ini dengan membuat website dan kemudian menunggu dengan harapan melihat uang hinggap ke rekening mereka, tapi sayangnya kebanyakan dari mereka hanya mendapat "Kekecewaan".


Kenyataannya tidak bisa dipungkiri pernyataan pada paragraf pertama diatas benar adanya, namun ada element penting yang hilang antara "membuat website"  dan "menunggu penghasilan masuk ke rekening". Tidak lain adalah "trafik/lalu lintas kunjungan website". Sebelum mendapatkan penghasilan dari website/blog yang telah anda buat anda harus bisa melakukan tindakan dalam upaya mengarahkan trafik ke web atau blog anda.

Cara mendapat penghasilan dari website yang anda buat adalah dengan mengetahui dari mana asal pengunjung yang datang ke website anda.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh GVU (Graphic, Visualization and Usability Center), kebanyakan pengguna (pemula, ahli, muda, tua, pria maupun wanita) menemukan website dengan dua sumber utama, yaitu: Hyperlinks dan Search Engine (SE » Mesin Pencari). Rata-rata 60% pengguna internet menggunakan Mesin Pencari untuk mendapat informasi dari internet. Artinya sebagian besar kunjungan dihasilkan dari mesin pencari oleh karenanya jika website atau blog anda berada pada peringkat yang tinggi di mesin pencari berarti akan semakin banyak orang yang akan mencari informasi, layanan atau produk tertentu di situs anda.

Satu faktor penting dalam menempatkan blog ke posisi yang lebih tinggi di mesin pencari adalah dengan link balik atau lebih dikenal dengan back links (silahkan baca artikel-artikel tentang backlinks di blog ini). Backlinks merupakan link dari situs lain yang mengarah ke situs anda. Dimana mesin pencari menganggap backlink yang anda peroleh sebagai "sesuatu yang bernilai" dan pengaruhnya adalah posisi peringkat situs di mesin pencari.

Search Engine Optimizing (SEO),merupakan metode paling populer untuk mengarahkan trafik web/blog dari mesin pencari, sedangkan memasang iklan payperclick (PPC) adalah cara tercepat untuk bisa berada di puncak daftar pencarian SE dengan keyword yang diinginkan dengan kondisi bahwa bid price (harga penawaran) pada kata kunci incaran anda lebih tinggi dibandingkan dengan para saingan anda, dengan begitu website anda akan berada pada posisi yang jelas lebih tinggi dibandingkan para saingan anda. Perlu diingat bahwa kampanye dengan menggunakan metode PPC bukan merupakan cara murah karena bisa saja harga yang anda keluarkan jauh lebih besar dibandingkan hasil yang diperoleh.

Jika PPC merupakan cara tercepat maka SEO berfungsi lebih kepada memperbaiki posisi di mesin pencari, dimana cara ini bisa membawa kunjungan yang tak terbatas dan tentunya gratis. Satu cara untuk optimalisasi blog /web anda dengan meningkatkan jumlah back links dari situs lain. Memang cara ini tidak mudah untuk web or blog yang masih baru namun satu yang perlu anda ingat bahwa berapapun usia situs anda mendapatkan backlinks bisa dilakukan dengan menggunakan artikel, sudah tentu artikel yang berkualitas pastinya.

Menulis artikel kemudian men-submit ke direktori submission adalah salah satu cara yang sangat efektif dan pastinya cukup murah untuk meningkatkan jumlah back links ke website anda, artikel tersebut sebaiknya menyediakan informasi mengenai layanan atau produk yang kiranya dibutuhkan oleh para pengguna internet. Menulis artikel pendek terkait dengan topik pada web /blog anda (apakah itu mengenai layanan ataupun produk), kemudian menawarkannya kepada para pemilik website lain atau penerbit (Publisher) newsletter dengan cara mensubmit artikel anda itu ke artikel direktori, forum atau blog. Jika artikel anda digunakan website atau Ezine mereka sudah tentu mereka juga akan menyediakan satu sampai tiga hyperlinks ke web / blog anda. Metode memanfaatkan Artikel ibarat "sekali mendayung dua tiga pulau terlewati" karena selain akan mendatangkan traffik dari hyperlinks yang anda sematkan pada artikel sekaligus mendapatkan back links berkualitas yang akan meningkatkan peringkat anda di mesin pencari.

Finally, secara keseluruhan keberhasilan ataupun kegagalan anda dalam berbisnis via internet dipengaruhi oleh trafik, tanpa trafik tidak seorang pun yang akan menemukan situs, produk atau layanan anda. Oleh sebab itu melakukan langkah-langkah optimasi untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di mesin pencari secara alami akan membawa trafik ke blog or web anda, dimana teknik teknik optimasi akan berkembang seiring pengalaman anda dalam berproses.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

add-ons mozilla 3.0 for lecher

Mendownload file yang tersedia di internet memang sudah merupakan hal yang lazim dilakukan, terlepas dari jenis file dan sebesar apa kapasitas file yang akan di download yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mendapatkan file tersebut dengan lengkap dan tentunya kita berharap bisa dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Banyak cara dilakukan untuk bisa di lakukan Anda bisa melakukan kegiatan download yang cepat mulai dari install software download accelerator hingga memasang add ons untuk mendownload pada browser favorit anda.

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin".

Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips, dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini, ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….