Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

Cara cepat meningkatkan rangking alexa

Alexa.com merupakan subsidiary dari Amazon.com yaitu website yang menyediakan informasi level kunjungan sebuah website. Alexa rank itu sendiri merupakan aturan /acuan dalam mengukur pencapaian jumlah kunjungan sebuah web atau blog yang menggunakan alexa toolbar.

Apa itu Alexa?
Secara sederhana pengertian alexa adalah sistem peringkat yang berdasar pada skema peringkat level kunjungan sebuah website yang mendapat kunjungan dari user yang menginstal alexa toolbar.

Adapun pengertian Alexa mengenai pengertian trafik peringkat Alexa adalah:
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis.

The main Alexa traffic rank is based on the geometric mean of these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users)
Mengapa perlu meningkatkan rangking Alexa ?
Webmaster, pemasang iklan (advertiser) dan jaringan periklanan (ad network) selalu menggunakan rangking alexa blog untuk menentukan harga linksebuah blog. Jika anda bergantung pada pada link ataupun situs anda sebagai usaha dalam me-monetisasi-kan blog, meningkatkan rangking blog adalah hal wajib dilakukan. Karena peningkatan ranking alexa akan meningkatkan penawaran harga blog anda.

Beberapa contoh program monetisasi seperti ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Review menjadikan rangking alexa sebagai dasar dalam memilih blog yang akan mereka manfaatkan.

Kekurangan dari Alexa

memperoleh peringkat yang mumpuni dari alexa bukanlah hal yang mudah, ini karena para Webmaster ataupun pengunjung kebanyakan memahami bahwa dengan menginstal alexa toolbar mereka akan mampu meningkatkan ranking laman mereka dibandingkan dengan yang tidak.

Jika begitu ini berarti Alexa tidak memiliki keakuratan dalam menilai: pencapaian, traffik dan potensi sebuah website / blog, jelas hal ini adalah kesimpulan yang salah. Anda bisa saja beranggapan bahwa menggunakan Alexa adalah salah satu cara yang bodoh untuk mengukur trafik blog tapi sayangnya para webmaster maupun jaringan periklanan tetap menjadikan Alexa sebagai pedoman yang berpengaruh untuk mengukur nilai periklanan pada blog yang anda miliki.

Jelas sistem peringkat yang dibuat Alexa bukanlah cara yang sempurna, tetapi yang terpenting adalah Alexa tetap merupakan elemen yang penting jika ingin memonetisasi blog anda.

Jadi jika ingin meningkatkan penghasilan blog dengan menarik perhatian para pemasang iklan tentu cara yang paling rasional adalah dengan membuat konten berkualitas dan kemudian membuat link yang menghubungkan artikel-artikel tersebut, dengan membuat link-link ini akan meningkatkan trafik alami dalam blog anda.
Kemudian untuk mendukung kedua point diatas berikut ini adalah 20 Cara meningkatkan peringkat Alexa Blog Anda:
  1. Yang utama dan paling mendasar sudah tentu dengan menginstal Alexa Toolbar.
  2. Pasang Widget Alexa Rank di blog. setiap clik akan dihitung  sebagai kunjungan walaupun toolbar tidak digunakan oleh pengunjung.
  3. Menganjurkan pembaca blog untuk menggunakan alexa toolbar, gunakan deskribsi yang baik, kemudian membuat link dari blog anda.
  4. Pasang alexa toolbar di browser komputer yang sering anda gunakan, mis: kantor, saudara, teman, warnet sebelah rumah dsb. Perlu diingat untuk menjadikan blog anda sebagai homepage di browser pada komputer-komputer tersebut (cara ini berlaku jika digunakan pada IPs yang dinamis atau berbeda).
  5. Minta teman untuk membuat review dan rate blog anda menggunakan profil alexa mereka.
  6. Tulis hal-hal seputar Alexa.com (artikel ini misalnya)
  7. Pasang URL blog anda di forum yang anda ikuti.
  8. Tulis Konten yang berhubungan dengan para Blogger, biasanya tulisan  tentang Alexa masuk kategori SEO, kemudian promosikan di situs jejarng sosial dan forum.
  9. Manfaatkan Alexa Redirect pada URL blog anda, contoh: http://redirect.alexa.com/redirect?bareng-nge.blogspot.com (ganti bareng-nge.blogspot.com dengan nama blog anda)
  10. Buat post di situs atau forum jejaring sosial Asia, saran dari beberapa Webmaster bahwa Pengguna web dari East Asian merupakan fans terbesar Alexa Toolbar, dinilai dari beberapa website Asia yang berada pada Top 500. cara ini disarankan jika memang anda memiliki kapasitas untuk melakukannya.
  11. Membuat Webmaster tools sebagai bagian dari blog anda. Cara ini merupakan magnet buat para webmaster yang nantinya akan melakukan kunjungan balik ke blog anda hanya untuk kembali menggunakan tools di blog anda.
  12. Mendapat Dugg atau Stumbled, cara ini biasanya membawa banyak pengunjung ke blog anda, ini juga berdampak positif pada ranking Alexa anda. Alaminya dengan mengembangkan link yang memiliki materi yang bermanfaat.
  13. Manfaatkan Kampanye PayPerClick, gunakan AdWord atau program sejenis lainnya akan mendatangkan kunjungan ke blog. Cara ini akan menggandakan hasilnya jika relevan dengan para Webmaster.
  14. Buat Kategori Khusus Alexa di blog, gunakan pada artikel atau berita mengenai Alexa. cara ini mempermudah akses pengunjung sekaligus membantu dalam meningkatkan rangking dengan mesin pencari.
  15. Optimalkan popular post di blog anda. Dengan memiliki popular post yang secara konstan akan memberi trafik dari mesin pencari misalnya dengan memasang widget "popular post" bagian akhir artikel blog anda. hubungkan dengan artikel lain di blog anda yang membahas mengenai Alexa atau gunakan Alexa Redirection di URL internal anda.
  16. Beli banner atau Links untuk mendapatkan trafik dari Forum atau Website para Webmaster. Dengan menempatkan banner atau link yang berada di depan dan ditampilkan dengan baik akan mengarahkan pengunjung dari tempat tersebut ke blog anda, cara ini signifikan dalam meningkatkan rangking.
  17. Sewa (Hire) poster forum untuk mempromosikan blog. Bisa juga dengan membeli Signature dalam forum atau promosi artikel tertentu atau material di blog anda.
  18. Bayar Pemilik Warnet untuk menginstal Alexa Toolbar dan kemudian mengatur agar blog anda menjadi homepage di semua komputernya.
  19. Gunakan MySpace. Cara ini sedikit berbau "curang", jadi cara ini tidak direkomendasikan. Sebaiknya gunakan gambar yang terlihat atraktif / banner kemudian gunakan Alexa Redirect URL untuk menghubungkan ke blog. Cara ini efektif hanya jika blog milikmu benar-benar relevan dengan banyak pengguna MySpace.
  20. Coba Alexa auto-surf. ini cocok untuk blog yang berusia muda alias BBG (blog baru gede), Perlu diingat bahwa cara ini bermasalah jika anda mencoba menggunakannya pada blog yang memiliki contextual ads seperti adsense. Jadi berhati-hati menggunakan cara ini.
Semoga bermanfaat.

artikel ini merupakan adaptasi dari artikel berbahasa Inggris di doshdosh.com berjudul "20 Quick Ways to Increasing Your Alexa Rank"

Komentar

  1. thanks neh oom, makasih banyak ya... sxan ijin follow gku

    BalasHapus
  2. oya kalo berkenan follow balik yaaaa

    BalasHapus
  3. kalau saya sih lebih prefer ke PageRank kang :)

    BalasHapus
  4. Tips yang super keren... langsung q coba ya

    BalasHapus
  5. makasih infonya. BTW komplet juga tipsnya

    BalasHapus
  6. Saya belum pake alexa soalna malu kalau ketauan trafic blog belum maksimal

    BalasHapus
  7. Makasih Om atas info di atas sangat bermanfaat buat saya....

    BalasHapus
  8. udah ga pernah pake alexa nih. tapi sip banget tipsnya

    BalasHapus
  9. Say belum bisa pasang Alexa toolbar,,
    Saya termasuk blogger yang agak males..
    tapi tank"gan ifonya,,, Salam Berbagi

    BalasHapus
  10. alexa sekarang sangat membingungkan... tampilan halaman isinya seolah2 memaksa para pemilik web/blog untuk harus ikut yg berbayar.

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan catatan:
» Komentar sesuai dengan topik.
» komentar bernada SPAM dan anonim akan di remove.
Terima kasih atas pengertian dan kerjasamanya

Postingan populer dari blog ini

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “ Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin ". Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips , dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini , ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….

Solusi Update Berkala buat yang bukan fulltime Blogger

Ngeblog memang menyenangkan, apalagi kesenangan itu hadir karena selain bisa menuangkan isi hati, berbagi pengalaman dan pengetahuan, menambah teman tentu saja get money from blog adalah sesuatu yang paling ditunggu buat yang emang niatnya bikin blog untuk itu.