Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

Google Chrome : Menjelajah dunia Maya dengan Browser milik Google

Awalnya saya juga bingung setelah melihat pesan layanan google di blog ini yang mengajak kita untuk men-download sebuah file yang diberi nama “Google Chrome”, setelah mencari tahu lewat search engine google akhirnya saya di arahkan ke situs punya “mbah google” ini, dan berikut dibawah ini adalah sekilas hasil investigasi saya mengenai apa dan bagaimana sebenarnya produk yang ditawarkan oleh pesan layanan google tersebut.

Fakta :Ternyata yang dimaksud dengan google Chrome (selanjutnya disingkat GC) itu adalah sebuah software penjelajah dunia maya yang diberi nama sama dengan 2 kata pertama judul di atas, secara umum fasilitas yang ditawarkan oleh google pada program ini hampir mirip dengan browser lain pendahulunya kayak Internet Explorer (IE), firefox maupun opera. Dan sejauh yang saya tahu pihak google baru menyiapkan browser ini dalam versi BETA dan hanya untuk system operasi (OS) Windows XP dan Vista. Untuk lebih mengenal layout GC sebelum ikutan mencoba browser ini bisa lihat gambar dibawah ini.

Keunggulan yang ditawarkan

Pihak google meng-klaim bahwa browser ini memberi banyak kemudahan, cepat dalam menjelajah dengan tingkat keamanan yang tinggi. Berikut ini beberapa fasilitas yang kiranya bisa menjadi referensi Anda sebelum mencoba menggunakan GC, semoga bermanfaat :

Panel Alamat : bagi Anda yang ragu or bingung saat ber-internet jangan khawatir karena secara otomatis GC akan menyarankan situs dari Web yang telah diinput yang bisa diartikan bahwa browser ini lebih interaktif dan user-friendly (asal jangan over-aktif apalagi over-acting..he..he) tentu hal ini juga membantu anak or kemenakan dirumah yang lagi belajar internet tanpa harus kita bimbing langsung or berada di samping mereka.

Halaman Tab Baru : Jika kita sering menggunakan tab saat browsing, di GC saat kita membuka tab baru otomatis akan memberi informasi yang bermanfaat (kata pihak google sih..) dan juga akan memberi-tahukan mengenai web yang sering kita kunjungi sebelumnya, yang menjadi perhatian saya adalah kemampuan untuk membuka tab baru dengan “metode penyamaran”,menyimpan tab terakhir dari bookmark web yang kita buka, menyimpan search engine yang paling sering digunakan pada computer kita lengkap dengan pilihan edit untuk search engine tersebut.

Mode Penyamaran : dengan mode ini history tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran ataupun riwayat download artinya bagi computer rumahan yang biasanya digunakan tidak lebih dari 1 user bisa merahasiakan penelusuran yang dilakukan, ini bagus jika anda berencana membuat kejutan untuk pengguna lain di computer rumah anda tanpa diketahui oleh orang lain, google juga menyebut mode ini sebagai mode “siluman” (he..he… ada-ada saja J).

Jendela Aplikasi : bedanya akan terasa saat membuka akun email anda, karena jika melakukan double klik maka akun email kita akan terbuka di jendela Chrome khusus yang cukup luas dan muncul taskbar baru layaknya membuka sebuah program baru (pada jendela ini tidak ditampilkan panel alamat, tab, tombol menu chrome dan menu halaman). Otomatis kita jadi punya ruang kerja yang lebih terasa “khusus”.

Cara Pintas Aplikasi : dengan fasilitas ini kita diberi keleluasaan untuk membuat sebuah aplikasi dari web yang sering kita gunakan dan cara menggunakannya seperti kita membuka sebuah program dalam computer kita, kita juga bisa menyimpan icon di desktop, star menu atau di Quick launch, so…asal PC kita terkoneksi dengan internet kita tinggal mengklik icon tersebut tanpa mesti mengetikkan alamat web tersebut di panel alamat (lumayan mempersingkat waktu pengetikkan alamat-kan…!?).

Men-download File : bagi yang suka mendonwload file, update driver, mp3, video or apapun itu, indicator status akan ditampilkan tepat dibawah tab web tempat kita mendonwload file tersebut sehingga dengan begitu kita bisa mengecek web tersebut sekaligus melihat sejauh mana proses download berjalan, jadi lebih praktis kan???

Akhirnya artikel ini terselesaikan juga…setelah beberapa hari menjadi draft di edit posting lantaran belum cukup paham dengan browser baru ini finally hasilnya seperti yang telah Anda baca…mudah2an artikel ini bisa menambah informasi seputar Google Chrome…dan selamat mencoba…Thanks J.

NB :

Image from http://www.google.com/chrome/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “ Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin ". Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips , dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini , ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….

Solusi Update Berkala buat yang bukan fulltime Blogger

Ngeblog memang menyenangkan, apalagi kesenangan itu hadir karena selain bisa menuangkan isi hati, berbagi pengalaman dan pengetahuan, menambah teman tentu saja get money from blog adalah sesuatu yang paling ditunggu buat yang emang niatnya bikin blog untuk itu.