Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

MONETIZE BLOG : Kapan Memilih Waktu yang Tepat Untuk Memulai…???

Pertanyaan seputar judul diatas ini pernah disampaikan oleh seorang teman yang tertarik belajar menjadikan blog sebagai mesin pengumpul duit(dollar/rupiah), jujur saja saya tidak bisa menjawabnya bukan karena saya tidak ingin berbagi rahasia tetapi karena memang saya bukan “ahli” dalam hal “begituan”, but pertanyaan ini selalu saja muncul dari beberapa rekan yang tahu kalau saya punya blog dan kebetulan ikutan beberapa program monetisasi dalam hal ini Online Advertising , akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu dan akhirnya dapat jawabannya yang kurang lebih seperti yang saya alami… berikut ini adalah beberapa Alasan dari Matt Jones (bloggingfingers.com) mengenai kapan memutuskan untuk memonetisasikan blog.

Menurut Pak MJ (Matt Jones) waktu yang tepat untuk memonetisasikan blog itu kembali kepada para Blogger lagi, apakah memulai lebih awal seiring dengan tumbuhnya blog atau malah setelah blog tumbuh dan berkembang, memiliki komunitas sendiri dan traffic yang cukup. Berikut ALASAN yang bisa menjadi pertimbangan untuk memulai lebih awal atau menunggu setelah blog berkembang :

Alasan Monetizing blog setelah blog berkembang:

  • Untuk memelihara dan menjaga pengunjung setia blog, karena dengan menyertakan berbagai iklan di blog kita bisa membuat pengunjung menjauh dari blog kita.

  • Visitor harusnya diarahkan untuk bisa menerima update blog via email atau RSS, dan monetisasi blog bisa mengurangi perhatian mereka pada konten blog.

  • Bagian tersulit dari blog baru adalah dibulan pertama, karena apapun yang kita posting tetap saja pengunjung yang mampir tidak banyak otomatis jumlah klik iklan juga berkurang artinya penghasilan minim.

  • Semua usaha harus difokuskan pada pembuatan konten dan marketing, dibutuhkan waktu untuk memahami tentang monetizing blog dan sebaiknya tidak menghabiskan banyak waktu Anda hingga tiba waktu yang tepat untuk memulai memonetisasikan blog Anda.

  • Hanya sedikit pendapatan yang akan akan kita peroleh pada blog baru karena traffic pada blog baru selalunya rendah.
Alasan Monetizing Blog pada blog baru:
  • Pendapatan yang diperoleh pada blog Anda bisa diinvestasi ulang atau disimpan seiring berkembangnya blog.
  • Penghasilan yang diperoleh lebih awal mengurangi resiko tidak mendapat pengembalian modal.
  • Pengunjung akan terbiasa menemukan bahkan menggunakan Iklan atau Konten yang disponsori pada blog kita tetapi jika dilakukan setelah blog berkembang biasanya pengunjung blog kita tidak suka.
  • Blog kita akan dikenal sebagai provider iklan yang baik dan berkualitas, hal ini bisa membuka peluang pada blog untuk menerima iklan pribadi.
  • Memonetisasi lebih awal blog kita bisa memberikan kita gambaran yang lebih baik mengenai bagaimana peningkatan pendapatan blog seiring dengan meningkatnya trafik blog.
Ini memang akan menjadi pilihan yang sulit apakah segera memonetisasi blog lebih awal atau malah menunggu hingga trafik blog memenuhi syarat (seperti yang diisyaratkan oleh beberapa program monetizing), banyak parameter selain umur dari blog kita, topik dalam blog kita juga akan sangat menentukan tentunya, semua dikembalikan kepada pemilik blog karena menurut saya pribadi Blog itu personal semua diberikan kepada yang empunya selama tidak memasukkan hal-hal yang tidak benar ataupun merugikan seseorang diluar sana, berbisnis dalam metode apapun termasuk lewat nge-blog selalu memiliki resiko, besar kecilnya resiko dan pendapatan, untung atau rugi keputusan 100% dikembalikan kepada Anda sebagai pemilik Blog. Dan sebagai tips pribadi dalam beriklan di blog; usahakan iklan yang dipasang sesuai dengan konten pada blog kalaupun tidak nyambung buatlah satu atau lebih kategori yang sekiranya menyinggung topik yang muncul pada iklan yang anda pajang dengan begitu kita tidak akan kehabisan bahan posting dan pengunjung blog kita mengerti dengan iklan yang kita pajang, jangan khawatir para pengunjung akan malas mampir karena saya yakin mereka juga paham kok karena mereka mendapat informasi yang mereka cari dan paham kalau blogger juga butuh duit buat hidup setidaknya buat menutupi biaya internet, iya-kan?

Finally keputusan yang diambil adalah yang terbaik untuk anda dan semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya…

NB : Artikel di blog ini bisa dipublikasi ulang asalkan memasukkan URL source artikel dan tidak mengurangi isi dari Artikel termasuk link didalamnya

Daftar Program Monetisasi Indonesia referensi saya :

Tautan Artikel :
Atau silahkan cari “Blog Archieve” di side bar blog ini.

Komentar

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan catatan:
» Komentar sesuai dengan topik.
» komentar bernada SPAM dan anonim akan di remove.
Terima kasih atas pengertian dan kerjasamanya

Postingan populer dari blog ini

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “ Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin ". Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips , dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini , ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….

Solusi Update Berkala buat yang bukan fulltime Blogger

Ngeblog memang menyenangkan, apalagi kesenangan itu hadir karena selain bisa menuangkan isi hati, berbagi pengalaman dan pengetahuan, menambah teman tentu saja get money from blog adalah sesuatu yang paling ditunggu buat yang emang niatnya bikin blog untuk itu.