Langsung ke konten utama

The Adsense Code

ini merupakan artikel mengenai review buku yang berjudul asli "Book Review: The Adsense Code By Joel Comm" semoga bermanfaat.

SEO: Cara Meningkatkan Kunjungan dari Mesin pencari

Meningkatkan traffic pengunjung blog atau Web merupakan impian dari semua netpreneur, dan Anda mungkin salah satunya. Hal terpenting yang pertama anda inginkan adalah mendatangkan pengunjung yang berasal dari Search Engine (SE), tidak hanya jumlah pengunjung tapi juga menyasar pengunjung yang tepat, maksudnya pengunjung yang memang anda targetkan untuk datang ke Website atau blog Anda. Dan jika memungkinkan dengan cara yang tidak menghabiskan modal banyak tentunya.


Statistik menunjukkan 20% hingga 80%  kedatangan pengunjung berasal dari mesin pencari. Kejadian ini terjadi setelah mereka mengetikkan kata atau kalimat kunci akan muncul hasil pencarian, dimana website atau blog yang pasti akan mereka kunjungi adalah website yang masuk dalam halaman pertama hasil pencarian, dan sudah pasti yang paling banyak dikunjungi adalah yang berada diperingkat pertama.

Membuat website berada pada halaman pertama saat ini tidak hanya dengan mendaftarkan halaman anda ke berbagai mesin pencari ataupun web direktori menggunakan layanan free submission. Kompetisi menjadi yang pertama di mesin pencari saat ini semakin ketat seiring makin maraknya website dengan tema apapun. Karena itu dibutuhkan teknik yang tepat untuk memastikan web/blog anda bisa mendapat ranking tertinggi.

Salah satu yang biasa dianjurkan oleh para SEO Master pada umumnya adalah dengan menggunakan layanan berbayar ini dimaklumi karena mereka memang biasanya akan mendapatkan "imbalan" dari hasil arahan yang mereka berikan. Tetapi jangan khawatir masih banyak layanan gratis lain yang sebenarnya jika dimanfaatkan seefisien mungkin keinginan menjadi yang pertama bisa tercapai.

Walaupun setiap SE memiliki cara kerja yang berbeda-beda dalam menentukan siapa yang berhak mendapatkan rangking terbaik, ada beberapa cara  yang secara umum hampir sama digunakan oleh beberapa mesin pencari, diantaranya adalah; 

1. Link Polularity (popularitas link)
 Beberapa SE besar masih mempertimbangkan jumlah link yang mengarah langsung ke halaman tertentu dari web atau blog sebagai salah satu metode dalam mengukur dan menentukan ranking. Cara ini menjadi cara pertama paling mudah dan cukup signifikan hasilnya dalam meningkatkan traffik karena;
  • membangun strategi link yang baik adalah cara yang powerfull untuk menciptakan jumlah pengunjung yang terarah, misalnya dengan menyebarkan link yang menuju halaman tertentu pada web/ blog anda, tempatkan link anda di setiap website, forum atau blog "perantara" yang kira-kira banyak terdapat pengunjung yang diincar, jika mereka menemukan link anda disana kemudian menganggap bahwa link anda tersebut memiliki informasi yang mereka butuhkan secara otomatis link tadi akan mengarahkan pengunjung dari website tersebut menuju laman website anda , bukan pengunjung biasa tapi pengunjung yang mencari topik yang sesuai dengan isi website atau blog Anda tentunya.
  • Link memiliki makna yang sama dengan sebuah  rekomendasi terpercaya, dengan syarat link anda berada pada sebuah website yang menjadi favorite banyak orang. Misalkan seseorang memiliki sebuah website / blog favorit dalam mencari topik yang Ia butuhkan, kemudian website favoritnya itu memuat link yang langsung menuju ke halaman tertentu di web atau blog anda, serta merta mereka akan percaya akan kualitas link tersebut sebesar kepercayaannya terhadap Web favoritnya itu. Jika ini anda lakukan maka pengunjung dari web/blog tadi tidak hanya akan mengunjungi blog anda tapi juga "jualan" di blog anda berpeluang besar ikut terjual.
  • Sejak semakin banyak mesin pencari menjadikan popularitas link sebagai salah satu faktor penentuan rangking, membangun strategi link menjadi semakin penting jika benar-benar ingin masuk di halaman pertama hasil pencarian para mesin pencari. Dibutuhkan faktor penyebab dalam popularitas link anda, dan seperti yang sudah banyak diketahui menjadi yang pertama di mesin pencari adalah kunci untuk meningkatkan trafik web atau blog Anda.
Kenyataannya mengembangkan strategi linking yang mampu meningkatkan volume traffik yang tepat sasaran bukan pekerjaan cepat dan mudah, normalnya dibutuhkan waktu mulai dari dua hingga enam bulan untuk memastikan kualitas link. Walaupun demikian hasil yang tercapai setimpal dengan usaha yang ditempuh, sekali anda berhasil memberi kesan yang baik link tersebut setidaknya mampu bertahan hingga satu tahun ke depan. Ketekunan anda akan terbayar dengan mengalirnya pengunjung yang sesuai target anda.

2. Domain name (Nama Domain)
Nama domain memiliki fungsi penting dalam hal mendatangkan pengunjung di web atau blog manapun. Domain Name yang kaya keyword akan mendapat ranking tinggi di mesin pencari, karena mereka menyukai URL yang berisi kata kunci. Gunakan kata atau kalimat kunci (key-word or key-phrases) dalam membuat  URL sekaligus juga mudah untuk diingat (catchy) atau dengan membuat nama domain yang berisi kata kunci terbaik.

3. Keyword Density (bobot kata-kunci)
Keyword density atau bobot kata kunci mengacu pada berapa banyak jumlah kata kunci yang muncul dalam keseluruhan isi web atau blog Anda. dimana SE menitik beratkan pada Keyword density yang muncul  pada sebuah Website / blog, jadi anda perlu membuat strategi penggunaan keyword dengan sebaik-baiknya.

Ketiga point diatas adalah sebuah fakta dan merupakan strategi yang bisa diraih untuk membuat website anda memperoleh traffik yang tinggi. Walaupun demikian bukan jaminan anda bisa langsung mendapatkan website atau blog milik anda berada di halaman pertama hasil pencarian dari kata kunci yang telah ditargetkan, begitu pula dengan serta merta akan meningkatkan penghasilan web atau blog  anda, karena hal tersebut memang jarang terjadi. Tapi jika yang dimaksudkan adalah peningkatan jumlah traffik melalui mesin pencari dari keyword yang anda target serta hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama, apa yang anda pikirkan memang sudah tepat.

Semoga bermanfaat.

sumber artikel: dirangkum dari berbagai sumber (Inggris dan Indonesia) - by Oentoe_09

Komentar

  1. Terima kasih sudah mampir Pak.. mmg di butuhkan waktu untuk bisa memahami seluk beluk SEO, tapi saya yakin bersama dengan ketekunan Bapak akan memahaminya.
    btw untuk review blog silahkan baca artikelnya di
    Mari saling tukeran Blog

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan catatan:
» Komentar sesuai dengan topik.
» komentar bernada SPAM dan anonim akan di remove.
Terima kasih atas pengertian dan kerjasamanya

Postingan populer dari blog ini

tips nge blog cerdas

Sebelum masuk ke topik diatas ijinkan saya dengan sepunuh hati dan ketulusan mengucapkan “ Selamat Merayakan Idul Fitri 1430 H Minal aidin wal faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin ". Agak lama memang kalo dipikir-pikir blog ini disia-siakan tidak posting tentang blog tips , dan kali ini rindu rasanya berbagi pengalaman yang minim ini ke rekan-rekan blogger yang mungkin butuh dengan pengalaman gak penting ini , ya setidaknya bisa sharing pengalaman lah….

Solusi Update Berkala buat yang bukan fulltime Blogger

Ngeblog memang menyenangkan, apalagi kesenangan itu hadir karena selain bisa menuangkan isi hati, berbagi pengalaman dan pengetahuan, menambah teman tentu saja get money from blog adalah sesuatu yang paling ditunggu buat yang emang niatnya bikin blog untuk itu.